Berita Terbaru

FH BUMN Gelar ‘PR Tanpa Batas’ di Madiun & Solo

Madiun, Jawa Timur – 29 November 2018. Forum Humas BUMN (FH BUMN) kembali menggelar kegiatan “PR Tanpa Batas” pada 29-30 November 2018. Kali ini acara yang digelar setiap tahunnya tersebut diselenggarakan di tiga wilayah, yakni Madiun, Solo, dan Karang Anyar. Dengan mengusung tema “Telling the Story: Building Hope, Sharing Hope & Creating Strength”, PR Tanpa Batas tahun ini dilakukan dengan berbagai kegiatan, yakni site visit Lokananta di Solo dan INKA Madiun, culture dinner, sharing session, workshop, dan juga aksi sosial

Menurut Ketua Forum Humas BUMN Ahmad Reza, dipilihnya tema PR Tanpa Batas tahun ini yang mengemas story telling ini diharapkan menjadi bahan pembelajaran dan diskusi antarhumas BUMN guna lebih meningkatkan kompetensi humas BUMN. “Terlebih untuk menyebarkan informasi perusahaan yang dibutuhkan publik melalui kemasan komunikasi yang berbeda, namun menarik. Sehingga, ke depan dalam membangun skenario komunikasi di era disruptive dapat lebih terjaga,” tuturnya.

Bukannya mengapa, sebagai salah satu elemen penting dalam memperkuat strategi public relation, sebuah cerita memiliki kemampuan dalam menumbuhkembangkan ide kreatif yang berbobot, baik melalui wadah bahasa maupun visual. Tak heran, story telling kini turut memberikan andil besar dalam menyebarkan informasi yang dilakukan sosok public relation, tak terkecuali bagi insan humas BUMN untuk dapat terus membangun reputasi nan apik di perusahaannya masing-masing.

Sementara itu Wijaya Laksana, Ketua Pelaksana dan Kepala Bidang Kompetensi Forum Humas BUMN, menambahkan, public relation (PR) saat ini, khususnya PR BUMN, sudah tidak bisa lagi menyampaikan informasi kepada publik hanya lewat cara dan jalur konvensional. “Publik semakin pintar dan kritis. Selain itu, informasi yang mereka konsumsi setiap hari juga sangat banyak,” terangnya.

Oleh karena itulah, tambah Wijaya Laksana, dibutuhkan cara-cara yang kreatif agar pesan yang disampaikan bisa diminati publik, tanpa ada kesan menggurui atau bernada advertorial. “Lewat story telling ini PR BUMN bisa menyampaikan kinerja dan peranannya terhadap negeri dengan lebih menarik dan bisa diterima oleh publik,” terangnya.

Kunjungan, Diskusi, & Aksi Sosial

Salah satu kegiatan PR Tanpa Batas tahun ini juga diisi dengan melakukan kunjungan ke Lokananta di Solo dan INKA Madiun. Lokananta sendiri diketahui merupakan perusahaan rekaman musik (label) pertama dan satu-satunya milik negara yang didirikan pada 29 Oktober 1956 dan berlokasi di Solo, Jawa Tengah, sedangkan INKA Madiun merupakan BUMN manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara yang hadir secara resmi sejak 1981.

Sementara itu kegiatan sharing session kali ini juga disajikan dengan balutan menarik melalui berbagai narasumber, yakni Direktur Utama PT INKA, serta Yoris Sebastian melalui tema “Creative Content to build the Power of Story Telling Through Digital Era”, Christian Sugiono via “Communication Scenario”, Dr. Devie Rahmawati dengan “Using Transmedia Storytelling in Delivering Effective Information”, dan Budiman Hakim melalui “Telling the Story : Building Hope, Sharing Hope and Creating Strenght”.

Tak ketinggalan, acara ini juga bakal diisi dengan aksi sosial berupa penanaman pohon di wilayah Kota Madiun dengan tanaman hias pohon tabebuya. Adapun tujuannya untuk menghias wilayah tersebut menjadi kian cantik dan menjadi destinasi menarik layaknya pemandangan tanaman di Negeri Sakura.

Tentang Forum Humas BUMN

Forum Humas BUMN (FH BUMN) berdiri pada tanggal 18 April 2007. Organisasi ini lahir dalam rangka mewujudkan pejabat humas yang kompeten dan berdedikasi tinggi di lingkungan BUMN. Terlebih, tugas dan tanggung jawab humas BUMN yang kian kompleks demi menyajikan informasi yang cukup tentang aktivitas, peran, dan keberhasilan BUMN dalam membangun bangsa kepada masyarakat. 

Alhasil, hadirnya forum ini pun dijadikan sebagai sarana komunikasi, koordinasi, dan konsultasi guna meningkatkan kinerja dan profesionalitas humas-humas BUMN. Berbagai kegiatan diskusi, pelatihan maupun sosial kerap dilakukan FH BUMN di berbagai daerah. Adapun salah satu yang menjadi agenda rutin setiap tahun adalah menyelenggarakan kegiatan “PR Tanpa Batas”.

  

Beranda Berita Berita Terbaru FH BUMN Gelar ‘PR Tanpa Batas’ di Madiun & Solo